Selamat Datang di Website Resmi Desa Aikmel  

WASPADA KORONA!!! PEMDES AIKMEL TAK TINGGAL DIAM

Rabiatul Adawiyah | 24 Maret 2020 16:43:43 | Berita Desa | 81 Kali

Persebaran Virus Korona kian meresahkan warga ditambah dengan pola penyebaran yang cepat, tak urung membuat kekisruhan dikalangan masyarakat. Lebih-lebih dengan kondisi warga kebanyakan yang sudah melek akan teknologi informasi baik via televisi, radio, koran, dan media social (Facebook, Whatsup,Youtube, dll) membuat  keresahan itu berkali lipat.

Dari informasi yang didapatkan warga, sedikit tidaknya memberikan pengaruh yang sangat besar terkait dengan dampak yang bisa ditimbulkan jika saja mereka terpapar oleh virus tersebut hingga berujung kematian, yang tak luput menimbulkan rasa takut bagi sebagian besar warga masyarakat Desa Aikmel. Kekhawatiran warga akan terjangkiti oleh virus korona tersebut menjadi pukulan tersendiri bagi Pemerintah Desa Aikmel yang tak lain paling tidak bisa memberikan rasa aman bagi setiap warganya.

Menanggapi hal tersebut, Pemdes AIkmel dalam hal ini bapak Pjs. Kepala Desa Aikmel (A/N BURHANUDDIN JAFFAR, S. AP), telah mengeluarkan himbauan sekaligus pemberitahuan kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Aikmel, dimana telah pula dilakukan rapat koordinasi bersama pihak-pihak terkait seperti Puskesmas (dalam hal ini Puskesmas AIkmel) untuk meredakan keresahan di masyarakat dengan isian sebagai berikut:

  1. Pemerintah Desa akan melakukan penyemprotan Disinfektan di tempat-tempat umum seperti masjid, musholla, gang-gang, dll, besok pada hari Rabu, mulai pagi hari jam 08:00 WITA danakan dilaksanakan oleh POKDARWIS dan GAPALA RINJANI.
  2. Membuat spanduk himbauan terkait pencegahan COVID-19 dan memasangnya di tempat-tempat strategis.
  3. Menyediakan Hand Sanitizer (cuci tangan antiseptic) ditempat-tempat umum.
  4. Komunikasi dengan pengurus masjid terkait dengan himbauan pencegahan COVID-19 (Virus Korona).
  5. Penutupan pasar hewan depan Pesanggrahan AIkmel, sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
  6. Penutupan tempat wisata Pesanggrahan Aikmel untuk sementara waktu, sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.

Tentu saja kembali lagi kepada kesadaran pribadi setiap orang. Himbauan dan pemberitahuan diatas tidak akan ada artinya jika semua pihak tidak bekerjasama dengan baik. Terpenting lagi mengenai gaya hidup sehat memang harus betul-betul dilakukan untuk mengurangi resiko terinfeksi oleh virus korona ini.

Selain itu, ada beberapa tips dan panduan dari WHO yang bisa diterapkan untuk melindungi diri dan mencegah penularan virus corona, di antaranya: 

  • Rajin Cuci Tangan 

Rutin mencuci tangan dengan benar bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona. Pasalnya, kebiasaan ini bisa membantu membunuh kuman dan virus yang mungkin ada di tangan, termasuk virus corona. Biasakan untuk mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan menggunakan air bersih dan sabun atau cairan berbasis alkohol. 

  • Menjaga Jarak 

Menjaga jarak aman, terutama dengan orang yang tengah batuk atau bersin bisa membantu menghindari penularan penyakit. Pastikan untuk jaga jarak setidaknya 1 meter. Untuk menghindari penularan virus, disarankan untuk tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah jika tidak penting. Bagi yang tengah batuk atau bersin, pastikan untuk mengetahui etika batuk di tempat umum. Saat sedang batuk dan harus keluar rumah, selalu gunakan masker. 

Biasakan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk, setelah itu buang tisu bekas batuk atau bersin ke tempat sampah. Selalu cuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap habis batuk. Kamu bisa memanfaatkan cairan berbasis alkohol alias hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

  • Jangan Sering Menyentuh Wajah 

Salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi “sarang” virus adalah telapak tangan. Maka dari itu, disarankan untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut terlalu sering. Sebab, hal itu bisa memindahkan virus dari tangan ke mata, hidung, atau mulut yang kemudian masuk ke dalam tubuh dan membuat sakit. 

  • Ke Dokter saat Muncul Gejala 

Segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat jika mengalami gejala, seperti demam, batuk, serta kesulitan bernapas. Pemerintah Indonesia sudah menunjuk sejumlah rumah sakit rujukan corona. Jika memungkinkan, kamu disarankan untuk melakukan panggilan telepon terlebih dahulu untuk mencari tahu informasi lengkap terkait rumah sakit yang dituju.

Meskipun sudah melakukan pemeriksaan dan dinyatakan negatif, tetapi menjaga kesehatan dan kebersihan tetap perlu dilakukan. Selalu ikuti saran dari tenaga medis. 

  • Ikuti Perkembangan Berita 

Pastikan juga untuk selalu mengikuti perkembangan informasi terkait penyebaran virus corona dan hindari bepergian ke daerah yang memiliki banyak kasus infeksi virus. Jika merasa tidak enak badan, disarankan untuk jangan keluar rumah sebab bisa jadi itu adalah tanda awal infeksi virus atau penyakit lain.

Selain itu, imunitas yang rendah bisa membuat virus lebih mudah menyerang tubuh. Hal ini penting dilakukan untuk membantu melindungi diri dan orang lain dari penyebaran virus corona. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln. TGH. Jamaludin Desa Aikmel Kecamatan Aikmel
Desa Aikmel
Kecamatan Aikmel
Kabupaten Lombok Timur
Kodepos 83653
Telepon
Email

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung